Arti SPF dan Apa Fungsi serta Manfaatnya

Kata ‘SPF‘ sudah sering sekali terdengar di telinga kita. Kata yang sering muncul di produk-produk perawatan kulit ini terkadang membuat kita bingung karena banyak jenisnya. Mulai dari SFP10, SPF20, SPF30 dan seterusnya. Hal ini pula yang membuat sebagian ladies bingun tentang apa arti SPF itu sendiri.

Dalam artikel ini, sehat-cantik.com akan mengulas SPF dengan lengkap dan jelas. Agar kamu lebih paham mengenai SPF dan tidak asal menggunakan produk dengan kandungan ini.

Apa arti SPF ? Fungsi dan Manfaatnya Terhadap Kulit

SPF adalah singkatan dari ‘Sun Protection Factor‘. Artinya adalah pelindung dari cahaya matahari. Namun pengertian jelas mengenai SPF ini yaitu memberikan peforma produk tersebut dalam kemampuan melindungi dari pancaran sinar matahari.

Maka terdapatlah SPF10, SPF20, SPF30 dan seterusnya. Angka pada produk dengan kandungan SPF ini berarti, seberapa lama ketahanan produk tersebut dapat melindungi kulit kamu dari sengatan matahari. Jika, kulit kamu membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit sampai kulit terbakar, maka jika kamu menggunakan produk perawatan dengan kandungan SPF10, artinya akan memperpanjang ketahanan kulit kamu untuk terbakar 10 kali lipat.

Artinya jika menggunakan SPF10, maka 10×10 – 15×10, maka kulit kamu akan lebih tahan 100 hingga 150 menit sampai terbakar dengan perlindungan tersebut. Nah, kalau kamu menggunakan cream dengan kandungan SPF30. Maka ketahanan kulit kamu terhadap sengatan matahari mencapai 300 menit. Atau dengan kata lain 5 jam.

Catatan penting buat kamu, bahwa semakin tinggi angka SPF tidak mengartikan kekuatan perlingdungan produk tersebut. Artinya, cream atau produk perawatan dengan SPF10 memiliki kualitas yang sama dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan SPF30 bahan SPF50.

Kandungan SPF yang tinggi mampu menghalangi lebih banyak UVB, namun tidak memastikan bahwa 100% melindungi dari kebakaran kulit. Namun, produk dengan SPF tinggi dapat memberikan perlindungan yang lebih baik. Juga dapat mengurangi resiko kerusakan kulit bahkan hingga kanker kulit.

Artian lain juga bahwa SPF dengan angka yang kecil, berarti kamu harus lebih sering menggunakannya agar durasi kamu beraktivitas di bawah matahari lebih lama.

Perlu diingat pula, bahwa produk dengan kandungan SPF ini mudah sekali hilang oleh air. Artinya, segera gunakan kembali produk cream kamu itu jika sehabis terkena air atau berkeringat. Penggunaan pelindung matahari yang tidak merata juga dapat mengurangi khasiat dan manfaatnya.

 

Referensi artikel Arti SPF dan Apa Fungsi serta Manfaatnya ini sebagian dari hellosehat.com

Bagaimana menurud kalian ?

%d blogger menyukai ini: